Berita Bagiaan Hukum

Dikirim oleh: Zulkarnain - 2017-04-13-07:32:20 WITA

Rapat Fasilitasi Raperda tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah & Tata Cara Penyusunan Propemperda

Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut melalui Bagian Hukum dan Perundang-Undangan serta DPRD Kabupaten Banggai Laut mengikuti Rapat Fasilitasi Raperda sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, dalam hal pembinaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 87 dilakukan fasilitasi terhadap Rancangan Peraturan Daerah sebelum mendapat persetujuan bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD, rapat fasilitasi dilaksanakan pada tanggal 3 April 2017 bertempat di ruang rapat Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Bagian Produk Hukum Daerah Provinsi Bapak Salam Lamangkau, SH memimpin sekaligus membuka rapat fasilitasi yang dihadiri Kepala Bagian Produk Hukum Daerah Kabupaten/Kota Ibu Siti Rahmawati, SH,MH, Kasubag Produk Hukum Daerah Kabupaten/Kota Wilayah I Ibu Esti Nuraini, SH, perwakilan dari Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah, serta perwakilan dari Kabupaten Banggai Laut, Ketua DPRD bapak Richard Manuas, ST, Wakil Ketua II DPRD Bapak Elny Honny, SE, dan serta anggota DPRD Kabupaten Banggai Laut Bapak Umar Ali Bunta, SE, Bapak H. Muh. Kasim AR. Hamid, SH, MM, Bapak Patwan Kuba, SH, serta dari Bagian Hukum dan Perundang-undangan Kabupaten Banggai Laut Kasubag Bantuan Hukum dan HAM Bapak Sofyan Lans, SH dan Staf Bagian Hukum Bapak Haryono Somun, SH.

Berdasarkan hasil fasilitasi ada beberapa hal yang diperbaiki diantara konsiderans menimbang pada Raperda tentang Tata Cara Penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah, juga batas waktu kapan dimulainya pembentukan Propemperda dan waktu sidang penetapan Propemperda belum diatur secara jelas dan Pasal yang memuat terkait dengan adanya Perda yang mendesak untuk dibahas yang tidak termuat dalam Propemperda, serta beberapa hal lain yang harus disesuaikan dengan Permendagri Nomor 80 Tahun 2015.

Terima kasih kepada Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah yang telah meluangkan waktunya untuk memfasilitasi serta melakukan pembinaan terhadap Raperda Kabupaten Banggai Laut, Semoga kedua Rancangan Perda yang di buat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut dan DPRD Kabupaten Banggai Laut bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Banggai Laut khususnya di bidang penyusunan produk hukum daerah. Aamiin.

Alamat Kami
  • Kantor Bupati Jl. Jogugu Zakaria
  • Kec. Banggai, Baggai Laut , Kode Pos
  • Fax: 0428 - 21422
  • Telpon:
  • Email : jdih@banggailautkab.go.id